Links

Web Stats

    Page Views   Page View

    Visitors   45873 Hit Pengunjung

    Visitor Online   1 Pengunjung Online

Prof. Kunio Yoshikawa berikan kuliah tamu di PSE riset group

17 Juli 2012

Sebagai implementasi kerjasama antara Tokyo Institute of Technology (TITech) dan UGM, baru-baru ini (19/6/2012) telah diadakan kuliah tamu oleh Prof. Kuni Yoshikawa. Kuliah diikuti oleh mahasiswa S1, S2 dan S3 yang tergabung dalam PSE riset group. Sebelum acara kuliah tamu dimulai semua mahasiswa S1, S2 dan S3 memperkenalkan diri sambil menjelaskan sekilas penelitian dan tugas akhir yang sedang dikerjakan. Perkenalan ini bertujuan disamping memperkenalkan teknologi yang sedang dikembangkan di PSE riset group, juga  dimaksudkan agar setiap mahasiswa memahami topik yang sedang dikerjakan oleh mahasiswa lain. Demikian urai Prof. Arief Budiman pada saat memberi pengantar kuliah tamu.

Kuliah tamu dengan topik “Production of useful fuels from biomass” ini diawali dengan pemutaran video oleh Prof. Yoshikawa tentang keberhasilan teknologi ini yang telah mengolah limbah menjadi energi. Selanjutnya dijelaskan tentang teknologi produksi bahan bakar padat (resource recycling system) dari limbah komunal. “Semua limbah yang berasal dari berbagai sumber tidak perlu dipilh-pilah, langsung dimasukkan kedalam reaktor yang dijalankan pada suhu tinggi dan tekanan tinggi. Steam jenuh dipilih sebagai pemanas yang langsung dimasukkan pada reaktor bersama limbah. Hasil yang keluar reaktor berupa sisa steam dan produk padatan yang selanjutnya dikeringkan. Sisa steam selanjutnya diembunkan dan air yang terbentuk dipakai sebagai umpan boiler penghasil steam untuk pemanas reaktor. Hasil yang berupa produk kering tanpa ada perlakuan khusus dapat langsung dipakai sebagai umpan untuk furnace, boiler ataupun cement kiln”, urai Yoshikawa.

Teknologi yang sama bisa diaplikasikan untuk limbah biomassa seperti ranting, dahan dan daun. Dari penelitian yang kami lakukan panas yang dipakai pada reaktor, diambilkan dari bahan bakar padat yang dihasilkan. Diperlukan sekitar 15 persen dari produk padat untuk pemanas reaktor, tambah Yohikawa.

Pada kesempatan kuliah tamu tersebut, juga disampaikan keberhasilan TITech dalam mengembangkan teknologi pengolahan limbah peternakan ayam dengan kapasitas 2 ton/hari. Sebelum kuliah ditutup, disediakan waktu diskusi dengan Prof. Yoshikawa. Ternyata antusiasme mahasiswa untuk mengetahui lebih dalam tentang teknologi yang dikembangkan TITech cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Prof. Yoshikawa. Acara diakhir setelah berlangsung selama tiga jam, dengan foto bersama.