Links

Web Stats

    Page Views   Page View

    Visitors   46141 Hit Pengunjung

    Visitor Online   1 Pengunjung Online

Perkembangan riset analisis eksergi pada distilasi cukup pesat

29 September 2012

     Perkembangan riset dibidang analisis eksergi yang berhubungan langsung dengan hukum thermodinamika 1 dan 2 cukup menggembirakan. Hal ini terbukti dengan tiada hentinya peneliti dibidang termodinamika terus berupaya mencari metoda yang efektif. Demikian disampaikan oleh Prof. Arief Budiman saat mengawali komentar pada ujian disertasi mahasiswa S3 dari Universiti Teknologi Petronas, Malaysia belum lama ini (7/9/2012). Arief Budiman yang diberi kepercayaan sebagai external examiner dari Khoa Ta Dang, mahasiswa program doktor asal Vietnam melanjutkan komentar bahwa peneliti bidang ini di Asia tidak begitu banyak. Sehingga dengan selesainya Khoa Ta Dang diharapkan akan menambah barisan peneliti bidang eksergi pada menara distilasi.

        Pada presentasi disertasinya yang berjudul “Graphical Exergy Analysis Method for Optimum Design and Operation of Separation Processes”, Khoa Ta Dang menjelaskan hasil invensinya yang berupa grafik tiga dimensi untuk analisis menara distilasi dan absorbsi. Dijelaskan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara reflux ratio, jumlah stage dan exergy loss pada analisis menara distilasi dan absorbsi. Sehingga diperlukan grafik yang memberikan informasi dari efek ketiganya.  Beberapa kasus pada menara distilasi telah ditinjau seperti pengaruh perubahan reflux ratio terhadap kemurnian hasil dan pengaruh penambahan heat exchanger untuk feed preheating. Demikian pula pada menara absorbsi juga ditinjau berbagai upaya perbaikan parameter operasi untuk memperbaiki kinerja kolom, serta pengaruh penambahan jumlah plate. Khoa Ta dang berhasil menyajikan hasil kedalam grafik tiga dimensi dengan bagus dan menarik. Sehingga dapat dengan mudah difahami pengaruh dari parameter yang diubah.

       Penguji lain, Prof. Mohd. Ibrahim Abd Muthalib dan Prof. Dr. Thanabalan Murugesan juga menyampaikan komentar senada. Bahkan kedua penguji berharap kepada Khoa agar terus konsisten dibidang eksergi yang dipelajari saat ini. Bidang ini perlu regenerasi peneliti, khususnya generasi muda agar riset eksergi terus berkembang dengan dinamis. Presentasi diakhiri oleh promoter, Prof. Suhaemi Mahathir dengan menyampaikan bahwa promovendus dapat lulus dan berhak menyandang gelar sebagai doktor dibidang teknik kimia.