Links

Web Stats

    Page Views   Page View

    Visitors   46143 Hit Pengunjung

    Visitor Online   1 Pengunjung Online

Dua paper PSErg dipresentasikan di Regional Symposium on Chemical Engineering 2012

13 November 2012

Process System Engineering research group (PSErg) selalu mendorong mahasiwanya menyampaikan hasil penelitiannya pada seminar internasional. Seperti yang dilakukan mahasiswa S2, Dyah Retno Sawitri dan mahasiswa S1, Ni’mah Ayu Lestari dan M Hamzah Ismail. Mereka mempresentasikan paper pada Regional Symposium on Chemical Engineering (RSCE) 2012 di Hotel Grand Inna Kuta Bali (7-8/11/2012).  Symposium tersebut dilaksanakan dengan tema: “Strengthening the Role of ASEAN Chemical Engineers in the World Economy Dynamics”.

     Pada kesempatan tersebut, Dyah Retno Sawitri mempresentasikan papernya yang berjudul: “Characterization of Sulfated Zirconia and Its Catalytic Activity for Esterification of Palm Fatty Acid Distillate”. Paper yang ditulis bersama Prof. Kunio Yoshikawa dari Tokyo Institute of Technolgy dan Prof. Arief Budiman ini memaparkan pengembangan sintesa biodiesel dari low-cost feedstock. Dengan penggunaan PFAD yang merupakan limbah pemurnian minyak sawit untuk biodiesel, Dyah berhasil mengurangi biaya produksi hingga separonya jika dibandingkan dengan penggunaan bahan baku minyak sawit. Disamping itu, “Katalis yang kami gunakan adalah katalis padat yang ramah lingkungan. Katalis ini dikembangkan oleh peneliti lain yang juga mahasiswa S3 di PSErg yaitu Arief Hidayat. Dengan proses yang kami kembangkan proses pembuatan biodiesel menjadi lebih murah dan ramah lingkungan”, beber Dyah.

    Mahasiswa lain yang juga presentasi di RSCE 2012 adalah Ni’mah Ayu Lestari dan M Hamzah Ismail dengan judul: Effect of Extraction Conditions on the Yield of Oil from Microalgae Nannochloropsis sp. Paper yang disiapkan oleh peneliti PSErg dengan peneliti dari Fakultas Biologi UGM ini mencoba mengambil minyak algae dengan menggunakan solven tertentu. Disimpulkan bahwa ternyata dengan menggunakan solven etanol minyak dari algae dapat terambil separo berat kering algae. Disampaikan oleh Ayu bahwa penelitian ini akan dilanjutkan oleh peneliti lain di PSErg untuk dibuat biodiesel.

      Di simposium ini lebih dari 200 makalah ilmiah dipresentasikan, dalam 7 Sidang Paralel serta menghadirkan 7 Pembicara Pleno. Presentasi makalah RSCE 2012 dikelompokkan dalam topik-topik sebagai berikut: Chemical Reaction Engineering, New and Renewable Energy Technology, Fossil Fuel Technology, Polymer and Petrochemical Technology, Process Design and Control, Process Intensification , Separation and Purification Technology, Material Science and Technology, Food Science and Technology, Environmental and Science Technology, Transport Phenomena, Biochemical Engineering  dan Thermodynamics.