Links

Web Stats

    Page Views   Page View

    Visitors   46147 Hit Pengunjung

    Visitor Online   2 Pengunjung Online

Seminar Nasional Energi Baru Terbarukan 2013

2 Juli 2013

Kementerian Riset dan Teknologi bekerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) menyelenggara Seminar Nasional Energi Baru dan Terbarukan, Seminar dirangkai dengan Pameran Energi Baru dan Terbarukan. Rangkaian ancara ini berlangsung di Hotel “A” Banjarmasin, 19-21 Mei 2013. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2013 yang bertema Teknologi untuk Kemajuan Bangsa. Kegiatan seminar dan pameran di Banjarmasin didukung pula oleh LEN dan PT ADARO.

Seminar dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Unlam, Prof Dr Sutarto Hadi. Pak Sutarto menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kementeriaan Riset dan Teknologi yang telah memberikan dukungan terhadap berbagai kegiatan ilmiah yang dilaksanakan di Unlam. Dalam sambutannya Sutarto juga menggarisbawahi pentingnya seminar ini mengingat berbagai persoalan kelangkaan energi yang melanda berbagai daerah di Indonesia, khususnya di Kalimantan Selatan. Ia mengkhawatirkan persoalan ini dapat menjadi sumber disintegrasi bangsa.

Setelah pembukaan oleh Purek IV Unlam, Menteri Riset dan Teknologi RI menjadi pembicara kunci. Menristek Prof Dr Gusti Muhammad Hatta menekankan pentingnya kemandirian energi untuk kesejahteraan masyarakat. Pak Menteri mengingatkan bahwa energi yang berasal dari fosil seperti minyak bumi dan batubara akan segera habis dalam beberapa tahun ke depan, sehingga diperlukan energi alternatif. Indonesia harus segera mengembangkan energi baru dan terbarukan untuk menjamin pasokan energi. Berbagai pengembangkan yang telah dilakukan Kementerian Riset dan Teknologi di berbagai daerah menunjukkan besarnya potensi energi terbarukan, seperti angin dan energi surya. Selain itu, keberadaan pembangkit energi di daerah dapat mendorong ekonomi masyarakat yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan.

Selain Menristek sebagai pembica kunci, pembicara lainnya adalah Dr Agus R Hoetman, MT, Deputi Bidang Jaringan Iptek, Kemristek; Prof Dr Arief Budiman, Pusat Studi Energi, UGM; Dr Zulkifli Halim, staf ahli Menristek; Prof Dr Udiansyah, Anggota Dewan Riset Nasional dari Unlam;  Ir Agus Iswanto MSc dari Lembaga Elektronika Nasional (LEN); Ir Yuddy Setyo Wicaksono, MT, General Manager PT PLN Wil Kalsel; serta Drs Momon Sadiyatmo dan Prakoso, Asisten Deputi Iptek Masyarakat.

Keterangan foto:

Panel, dari kiri ke kanan: Dr Zulkifli Halim, Prof Dr Arief Budiman, Prof Dr Sutarto Hadi, dan Dr Agus R Hoetman, MT