Links

Web Stats

    Page Views   Page View

    Visitors   46153 Hit Pengunjung

    Visitor Online   1 Pengunjung Online

Mahasiswa TiTECH belajar biodiesel di UGM

15 September 2013

Sebagai bentuk penguatan kerjasama UGM dengan Tokyo Institute of Technoloy (TiTECH), pada tanggal 10 September 2013 Prof. Kunio Yoshikawa mengunjungi kembali Jurusan Teknik Kimia, FT UGM. Pada kunjungan kali ini, Prof. Yoshikawa memberikan supervisi kepada tiga mahasiswa program doktoral yang ada di PSE research group (PSErg). Ke tiga mahasiswa tersebut akan melakukan penelitian untuk disertasinya dengan tema integrated autothermal process (IAP) for biomass to energy.

      Ada tiga proses yang terlibat didalam IAP technology, yang meliputi proses produksi bio-oil dengan proses pirolisis, proses produksi bio-gasoline & bio-kerosene dengan proses perengkahan. Kedua proses ini membutuhkan panas yang besar yang disuplai dari proses oksidasi parsial dari biomassa. Sehingga secara garis besar proses konversi biomassa menjadi energi tidak memerlukan tambahan energi dari luar.

     Diawal presentasi Daniyanto menyampaikan inovasi teknologi oksidasi parsial dari biomassa yang akan dikembangkan. “Sebelum proses oksidasi parsial dari biomassa, akan dilakukan perlakuan awal berupa torrefaction.  Yaitu proses pemanasan awal pada kisaran suhu 200-300 C dengan maksud agar kualitas biomassa menjadi lebih dalam menghasilkan energi”, kata Daniyanto. “Hasil pengembangan teknologi ini, nantinya akan diaplikasikan pada beberapa pabrik gula di Indonesia”, imbuh Daniyanto yang berstatus sebagai karya siswa program doktoral dari Lembaga Pendidikan Perkebunan Yogyakarta.

     Sementara itu Sunarno, mahasiswa S3 dari UNRI mempresentasikan penelitiannya tentang teknologi perengkahan bio-oil menjadi bio-gasoline dan bio-kerosene. Dan Doni Wicakso mempresentasikan teknologi upgrading batu bara muda Indonesia dengan proses integrated pyrolysis-tar decomposition hanya dengan satu unit alat. “Teknologi yang kami kembangkan merupakan teknologi yang efisien dalam proses upgrading batu bara. Dengan aplikasi teknologi yang akan dipakai dalam industri bajaini, diharapkan akan terjadi pengurangan kebutuhan energi yang signifikan”, ungkap Doni yang bertatus karyasiswa S3 dari UNLAM, Samarinda.

        Sementara itu, mahasiswa TiTECH, Lihao Chen yang akan belajar di PSErg selama 2 bulan juga melakukan presentasi terkait rencana penelitiannya. Disampaikan bahwa selama bulan September-Oktober 2013, Chen akan belajar tentang pembuatan katalis padat untuk biodiesel. “ I hope I have fruitfull results, especially in biodiesel technology during my stay in UGM”, ungkap Chen diakhir presentasinya.

        Setelah acara selesai, Prof Yoshikawa bersama dengan Prof. Arief Budiman dan beberapa mahasiswa dari PSErg makan siang bersama di RM Bumbu Desa.