Links

Web Stats

    Page Views   Page View

    Visitors   45879 Hit Pengunjung

    Visitor Online   1 Pengunjung Online

Mahasiswa PSErg presentasikan lima paper pada seminar internasional Biorenewable Resource Utilization for Energy Chemical and Materials di ITB

12 Oktober 2013

   Kamis 10 Oktober 2013 bertempat di Aula Timur Kampus ITB, Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri menyelenggarakan kegiatan International Seminar on Biorenewable Resource Utilization for Energy Chemical and Materials (BioEnChe 2013). Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan diisi oleh para professor dan peneliti dari berbagai universitas dalam dan luar negeri.

     Hari pertama seminar diisi oleh Prof. Dr. Gunther Kolb dari Institut fur Mikrotechnik Mainz, Germany. Presentasi kedua dilanjutkan oleh Dr. Hyung Keun Song dari Korea Institute of Science and Technology (KIST) kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi dr Prof. Dr. Tatang Hernas dari Institut Teknologi Industri (ITB). Dalam seminar ini dibahas teknologi-teknologi terbaru di bidang kimia yang berkembang saat ini, diberbagai negara maju maupun negara berkembang saling berlomba mengembangkan teknologinya, khususnya tentang bioenergy and biorenewable resources utilization technology. Di hari kedua seminar, presentasi diisi oleh Prof. Dr. Kunio Yoshikawa dari Tokyo Institute of Technology (TIT), Japan. Kemudian untuk Sesi presentasi kedua oleh Prof. Dr. Mohammad nazri bin Mohd Ja’afar dari Universiti Teknologi Malaysia.

     Pada kesempatan seminar ini, mahasiswa S1, S2 dan S3 yang tergabung dalam Process System Engineering research group (PSErg) JTK UGM juga mempresentasikan hasil penelitiannya. Ada lima paper yang dipresentasikan. Ade Kurniawan memperesentasikan paper yang berjudul: “The Effect of Pre-Washing Step Using CaO in Biodiesel Dry Washing using Rice Husk Ash Adsorbent“ dan Putri Restu Dewati mempresentasikan paper: “Biodiesel from Low-cost Feedstock and Renewable Resource“. Sementara itu, Ratna Dewi Kusumaningtyas mempresentasikan paper: “A Kinetics Study of Fatty Acid Esterification over Sulfated Zeolite-Zirconium Catalyst for Biodiesel Production“. Dan Yano Surya Pradana serta Febri Rahaningrum mempresentasikan paper: “Synthesis of biodiesel using carbon based-solid catalyst”. Disamping itu, Arif Hidayat juga menyiapkan paper yang berjudul: “Preparation and Characteristics of Bio-oil from Nannochloropsis sp. and Tetraselmis as A Sustainable Energy Source“.