Links

Web Stats

    Page Views   Page View

    Visitors   46146 Hit Pengunjung

    Visitor Online   1 Pengunjung Online

Dialog Universitas – Industri : Perlunya Pengembangan Potensi Energi Alternatif

15 November 2013

Berkurangnya cadangan sumber energi fosil yang merupakan sumber energi utama merupakan masalah energi global. Konsumsi energi dunia pada tahun 2008 saja sudah mencapai 11.295 juta ton, dimana 88% dari jumlah tersebut berasal dari bahan bakar fosil (terutama minyak bumi, batu bara dan gas). Konsumsi bahan bakar fosil terus menunjukkan peningkatan pada tahun-tahun setelahnya. Pada tahun 2010, cadangan minyak dunia diperkirakan tinggal 25% dari total minyak bumi yang tersedia, bahkan cadangan minyak bumi di Indonesia diperkirakan tinggal sekitar 10,73 x109 barel dengan produksi 0,47×109 barel per tahun. Untuk mengantisipasi krisis energi tersebut perlu dilakukan penelitian eksplorasi sumber-sumber energi yang terbarukan dari sumber daya alam, seperti tumbuhan, hewan, angin, air, dan sinar matahari. Berangkat dari permaslahan tersebut dalam rangka Dies UGM ke-64 dan sebagai rangkaian acara Research Week 2013, Bidang Penelitian Industri dan HKI, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) mengelar acara Dialog Aspek-Aspek Proses Bisnis dan Inovasi dalam Industri dengan tema ”Strategi Pengembangan Potensi Energi Alternatif”di Ruang Sidang A, Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Kamis (14/11) 2013. Acara dibuka oleh Wakil Bidang Penelitian LPPM UGM, Prof. Dr. Ir. Sri Raharjo, M.Sc. ”Kami berharap dengan diadakan acara dialog yang melibatkan para akademisi, pemerintah dan industri ada pemahaman mengenai potensi energi alternatif dan usulan strategi pengembangan energi alternatif di Indonesia”. Sebagai prolog Kepala Pusat Studi Energi UGM, Dr. Deendarlianto menyampaikan pengantar mengenai potensi energi alternatif yang bisa dikembangkan di Indonesia.

Hadir sebagai narasumber dari UGM, Prof. Dr. Arief Budiman (Pengembangan Energi Alternatif berbasis Biomassa), Dr. Wahyudi, M.Si ( Pengembangan Eksplorasi Minyak Bumi ke Depan), Dr. Suyitno (Pengembangan Material Energi) serta dari kalangan Industri Robbie A Badrudin Company Controller PT. Kabepe Chakra (Pengembangan Energi Alternatif di Industri).

Acara ini dihadiri oleh Pemerintah Daerah se-Jawa khususnya Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral, kalangan akademisi dosen dan peneliti UGM serta mahasiswa pascasarjana program studi energi. Acara ini terselenggara atas kerjasama Pusat Studi Energi UGM dan Bidang Penelitian Industri dan HKI LPPM UGM. Sumber: http://lppm.ugm.ac.id/2013/11/dialog-universitas-industri-perlunya-pengembangan-potensi-energi-alternatif/